Rumah untuk Muallaf Suku Wana - Persaudaraan Dai Indonesia | Bersama Dai Membangun Negeri | Posdai.or.id

Rumah untuk Muallaf Suku Wana

Dai memiliki peranan penting dalam mengenalkan Islam sebagai pedoman hidup tentu harus menyediakan waktu yang cukup lama dan sarana pe...


Dai memiliki peranan penting dalam mengenalkan Islam sebagai pedoman hidup tentu harus menyediakan waktu yang cukup lama dan sarana penunjang yang memadai. Keberadaan dai sebagai sumber pengetahuan tentang ke-Islaman bagi para muallaf.

Dakwah yang dilakukan di dusun Fatu Marando sebagai contoh keberhasilan para dai. Dengan keteladan dai para muallaf lebih mudah menerima ajaran Islam dengan cara melihat apa yang dipraktikkan oleh dai dalam kehidupan beragama.

Berbagai program telah dilaksanakan dai untuk memajukan pengetahuan masyarakat tersebut, termasuk mengajarkan tentang keharusan bagi setiap muslim untuk menjaga Aurat, pentingnya hidup sehat dan lain-lain. Namun rasanya para dai kesulitan dalam menyempurnakan pengajarannya tersebut jika rumah masyarakat tersebut saja belum sesuai standar yang layak.


Bisa dibayangkan, satu rumah yang luasnya hanya 3 meter dan panjangnya 5 meter itu, dihuni oleh tiga kepa



la keluarga beserta hewan peliharaannya. Jika demikin, bagaimana mungkin para dai bisa dengan mudah mengajarkan tetang hidup sehat dan menjaga Aurat dalam kondisi kehidupan suku Wana yang seperti itu.

Atas dasar itulah Pos Dai  berupaya mewujudkan fasilitas bimbingan agama untuk para muallaf sepanjang hari dengan membuat kawasan pemukiman khusus muallaf. Adanya kawasan pemukiman diyakini mampu memberikan pendidikan secara langsung dan berkelanjutan. Pemukiman tersebut dinamakan Desa Karya Suku Wanna.

Harapannya dengan program ini dapat memfasilitasi para muallaf untuk memiliki tempat tinggal dan bisa hidup lebih mandiri. Selain itu, program pembinaan untuk Muallaf pedalaman ini akan terus berlanjut hingga masyarakat Wana ini bisa mandiri.

Pos Dai mengajak agar semua pihak bisa ikut dalam menyukseskan program dakwah yang berkelanjutan untuk masyarakat suku Wana yang ada di dusun Fatu Marando ini. Mari “Bersama Dai Membangun Negeri”


Mitra

Sinergi adalah energi kita, terus berpadu dalam langkah nyata

  • Bersama Dai Bangun Negeri
  • Save Indonesia with Quran, ajak masyarakat hidupkan al-Quran
  • Menjadi dai perekat ukhuwah islamiyah dan ukhuwan insaniyah
  • Keswadayaan bersama mengemban amanah dakwah majukan negeri