Bina Aqidah untuk Muslim Pedalaman - Persaudaraan Dai Indonesia | Bersama Dai Membangun Negeri | Posdai.or.id

Bina Aqidah untuk Muslim Pedalaman

Jawa Tengah-- Persaudaraan Dai Indonesia (PosDai) cabang Jawa Tengah bekerja sama dengan Aksi Tebar Manfaat (ATM) menyukseskan keg...








Jawa Tengah-- Persaudaraan Dai Indonesia (PosDai) cabang Jawa Tengah bekerja sama dengan Aksi Tebar Manfaat (ATM) menyukseskan kegiatan Bina Aqidah kepada Muallaf dan beberapa masyarakat muslim pedalaman di Dusun Cendono,  Desa Getas Kec. Kaloran Kab. Temanggung, Jawa Tengah pada Ahad 13 Oktober 2019 lalu.

Ketua PosDai Jawa Tengah, Mukhlis mengatakan, kegiatan ini berawal dari informasi bahwa terdapat sejumlah muallaf di daerah yang penduduknya mayoritas Budha sehingga kurang tersentuh oleh dakwah. Mendapatkan informasi itu, PosDai Jawa Tengah melakukan survei untuk memastikan kebenaran informasi yang telah diterimanya.

“Alhamdulillah setelah kita survey, ternyata informasi yang kami dapatkan itu benar.” Ungkapnya.
Menurutnya, melihat kondisi muslim di daerah tersebut  sangatlah memprihatinkan. Selain karena jumlahnya yang tergolong sedikit,  yaitu  hanya ada kisaran 15-20 Kepala Keluarga (KK), juga karena mereka sangat minim pemahaman tentang agama.

“Saat tim kami memastikan informasi keberadaan Muallaf ini benar, kami tidak berfikir panjang untuk melaksanakan kegiatan Bina Aqidah ini”. Ujarnya.

Pemuka Agama Islam setempat Tugiono dalam sambutannya mengatakan bahwa masyarakat yang ada di desa Gates ini sebelum beragama islam, seluruhnya beragama Budha, kemudian meraka memeluk agama Islam dengan berbagai cara atas keinginan mereka sendiri.

“Kami dulu adalah Budha, kami masuk Islam melalui jalur pernikahan dengan orang luar, adik saya masuk Islam karena tidak diterima di Sekolah Negeri sehingga masuk dan diterima oleh salah satu Yayasan sekolah islam yang tidak jauh dari desa ini”.

Ketua panita Syaifullah Mujahid mengatakan, kegiatan bina Aqidah ini adalah bagian dari Program Nasional PosDai,  yaitu Program “Sahabat Muallaf”. Kegiatan ini juga dirangkai dengan Program “Sahabat Dai” dengan memberikan Apresiasi kepada enam orang dai yang siap berdakwah di daerah tersebut.

Acara  diawali dengan ceramah penguatan Aqidah, kemudian dilanjutkan dengan pembagian bingkisan kepada warga Muslim yang hadir.

Kegiatan ini dihadiri Sekitar 50 orang muallaf. Mereka menyambut baik kegiatan ini. Para Muallaf juga berharap agar kegiatan ini terus berlanjut.

“Kami sangat senang karena baru kali ini jama'ah yang hadir bisa sebanyak ini. Terima kasih PosDai atas perhatiannya. Kami tidak bisa melupakan jasa jasanya. Semoga warga di sini istiqomah hidup dan mati dengan LAILAHAILLALLAH”, Ucap Tugiono.

Kegiatan ini bisa berjalan dengan baik karena dukungan para donator yang telah banyak membantu dan turut mengambil bagian dalam menyukseskan program dakwah di berbagai daerah.  Bersama Dai Membangun Negeri 

Mitra

Sinergi adalah energi kita, terus berpadu dalam langkah nyata

  • Bersama Dai Bangun Negeri
  • Save Indonesia with Quran, ajak masyarakat hidupkan al-Quran
  • Menjadi dai perekat ukhuwah islamiyah dan ukhuwan insaniyah
  • Keswadayaan bersama mengemban amanah dakwah majukan negeri