Tingkatkan Dakwah Majelis Quran, Posdai Gelar Daurah Muallim di Sulbar - Persaudaraan Dai Indonesia | Bersama Dai Membangun Negeri | Posdai.or.id

Senin, 12 Juli 2021

Tingkatkan Dakwah Majelis Quran, Posdai Gelar Daurah Muallim di Sulbar

MAMUJU - Bertempat di Aula Masjid Al-Walidayn, Kampus Hidayatullah Mamuju, Persaudaraan Dai Indonesia (Posdai) Sulawesi Barat menggelar Daur...


MAMUJU - Bertempat di Aula Masjid Al-Walidayn, Kampus Hidayatullah Mamuju, Persaudaraan Dai Indonesia (Posdai) Sulawesi Barat menggelar Daurah Muallim Gerakan Dakwah Mengajar dan Belajar Al-Qur’an (Grand MBA) Se Sulawesi Barat.

Ketua Posdai Sulawesi Barat, Ust Hamzah, S.Pd.I yang juga ketua panitia daurah tersebut menyebutkan harapannya, hasil dari pelatihan ini agar setiap pengelola dan guru majelis dan rumah Qur’an Hidayatullah lebih memahami tugas dan materi ajar yaitu Al Qur’an.

"Ini juga bagian dari upaya Posdai untuk semakin meningkatkan intensitas dakwah melalui majelis majelis Qur'an yang dihadirkan di berbagai titik di Sulbar ini," katanya. 

Antusiasme 40 peserta yang merupakan perwakilan dai dari dari seluruh ibukota kabupaten se Sulawesi Barat terlihat saat mengikuti acara selama tiga hari mulai Jumat, tanggal 9 hingga Ahad 11 Juli 2021 ini.

Dengan mengambil tema "Standarisasi Muallim Menuju Satu Desa Satu Rumah Qur’an", ini diharapkan pengembangan Rumah Qur’an Hidayatullah (RQH) di daerah berkembang pesat semata mata dalam rangka melayani umat agar semakin dekat dengan Al Qur'an.

Hal tersebut juga ditekankan oleh Drs. Mardhatillah ketua DPW Hidayatullah Sulbar saat memberikan sambutan.

“Jangan malu belajar, menjadi penggerak itu harus dinamis terus belajar dan mengajarkan Al-Qur’an,” imbuh beliau.

Mardhatillah melanjutkan, semua pengelola dan guru RQH kesibukan intinya haruslah dalam rangka mengurus dan menyebarkan kemukjizatan Al Qur’an sebagai dasar gerakan pencerahan di masyarakat.

"Al Quran bukan hanya pembelajaran sebatas pada baca-tulis saja namun bagaimana umat mampu menerjemah, menghafal bahkan mengimplementasikan dalam kehidupan," katanya.

Hadir sebagai pemateri Ust Abdurrahman Hasan, S.Pd.I, Ust Hamzah, S.Pd.I dan Abdul Jafidz Al-Mandary sebagai muallim nasional.

Materi meliputi Imla’ atau kemampuan menulis dikte Al Qur’an, tahsin atau kualitas bacaan dan hafalan, kelak inilah dasar pembelajaran di setiap RQH se Sulawesi Barat.*/Bashori

Mitra

Sinergi adalah energi kita, terus berpadu dalam langkah nyata

  • Bersama Dai Bangun Negeri
  • Save Indonesia with Quran, ajak masyarakat hidupkan al-Quran
  • Menjadi dai perekat ukhuwah islamiyah dan ukhuwan insaniyah
  • Keswadayaan bersama mengemban amanah dakwah majukan negeri