Armada Dakwah Kuatkan Kiprah Ustadz Novar di Pedalaman Benteng - Persaudaraan Dai Indonesia | Bersama Dai Membangun Negeri | Posdai.or.id

Senin, 17 Januari 2022

Armada Dakwah Kuatkan Kiprah Ustadz Novar di Pedalaman Benteng

BENTENG - Posdai kembali menyalurkan bantuan armada dakwah berupa motor baru kepada Ustadz Novar Mandahari yang mengabdi di pedalaman Bengku...


BENTENG - Posdai kembali menyalurkan bantuan armada dakwah berupa motor baru kepada Ustadz Novar Mandahari yang mengabdi di pedalaman Bengkulu Tengah (Benteng), tepatnya di Desa Talang Empat, Kecamatan Karang Tinggi, Kabupten Benteng.

Sebagai seorang dai yang mengemban amanah dakwah keummatan di berbagai titik di pedalaman Benteng, Ustadz Novar Mandahari harus menempuh medan yang tidak mudah. 

Ustadz Novar acapkali harus berpindah dari satu titik ke titik desa binaan lainnya dalam sehari karena keterbatasan sumber daya dai dalam melakukan pembinaan umat, apalagi di daerah pedalaman seperti tempatnya mengabdi saat ini. 

Novar Mandahari adalah sosok muda aktivis dakwah yang kesehariannya dihabiskan untuk mengajarkan Al-Qur’an. Ia mengasuh setidaknya 2 Rumah Qur’an dan 3 Majelis Qur’an sekaligus dalam kesehariannya. Seperti yang terdapat di Desa Nakau, Kecamatan Talang Empat, Banteng. 

Tidak hanya itu, ayah dari 2 anak tersebut juga aktif membina masyarakat pedalaman seperti yang terdapat di Desa Kertapati, Desa Talang Empat, Kecamatan Karang Tinggi. Bahkan, Ustadz Novar secara rutin melakukan pembinaan keagamaan masyarakat yang berada di Kelurahan Bentiring. 

Sebagai aktivis dakwah, ustadz muda asli Suku Rejang ini memang kerap mengahabiskan waktunya untuk mengajar Qur’an dan berdakwah ke pedalaman yang ada di Kabupaten Benteng, Provinsi Bengkulu. 

Sekedar untuk difahami bahwa Kabupaten Benteng adalah kabupaten yang masih berusia 10 tahun, dan belum memiliki kota kabupaten, serta masih seperti pedesaan. Kawasan ini juga merupakan kabupaten termuda yang ada di provinsi Bengkulu.

Ustadz Novar Mandahari sendiri merupakan lulusan Sekolah Tinggi Agama Islam Luqmanul Hakim (STAIL) Surabaya yang mendapat amanah untuk mendirikan pesantren di Kabupaten Benteng pada tahun 2015 silam setelah kelulusannya. 

Berawal dari tanah kosong dan kebun sawit yang ada di Desa Talang Empat, Karang Tinggi itu, Ustadz Novar bersama dengan dengan  kawannya merintis hingga sekarang. 

Saat ini kesibukan Novar semakin meningkat. Selain aktif berdakwah di tengah umat, ia pun turut aktif dalam merintis Sekolah Dai Hidayatullah Benteng. 

Di tengah keterbatasan yang ada, ia pun harus melakukan penyesuaian seperti menjadikan salah satu bagian lokal ruangan sebagai tempat kegiatan Sekolah Dai yang sebelumnya digunakan untuk kegiatan panti asuhan.

"Hal ini dikarenakan dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan muallim dan menjalankan amanah dari DPP Hidayatullah dan DPW Hidayatullah Bengkulu, agar tempat yang saat ini menjadi markas pendidikan dai," kata Ustadz Novar. 

Dengan hadirnya armada dakwah yang diamanahkan oleh para muhsinin melalui Posdai pada tanggal 15 Januari 2022, kini mobilitas Ustadz Novar menjadi semakin efektif. Dengan penuh rasa syukur Ustadz Novar berharap dengan adanya armada dakwah tersebut dapat mendukung aktivitas dakwahnya.

“Semoga ini menjadi amal jariyah bagi muhsinin dan keluarganya dan semoga usahanya semakin berkembang,” kata Ustadz Novar seraya berdoa agar muhsinin pemerhati dakwah senantiasa dilimpahkan keberkahan oleh Allah SWT.*/Ma'rifatullah

Mitra

Sinergi adalah energi kita, terus berpadu dalam langkah nyata

  • Bersama Dai Bangun Negeri
  • Save Indonesia with Quran, ajak masyarakat hidupkan al-Quran
  • Menjadi dai perekat ukhuwah islamiyah dan ukhuwan insaniyah
  • Keswadayaan bersama mengemban amanah dakwah majukan negeri