Ramadhan, Pos Dai Tugaskan Dai ke Pelosok Negeri - Persaudaraan Dai Indonesia | Bersama Dai Membangun Negeri | Posdai.or.id

Senin, 13 Mei 2019

Ramadhan, Pos Dai Tugaskan Dai ke Pelosok Negeri

Ramadhan memiliki banyak keistimewaan bagi kaum muslimin. untuk meraih predikat taqwa pada bulan tersebut, kaum muslimin hendakny...



Ramadhan memiliki banyak keistimewaan bagi kaum muslimin. untuk meraih predikat taqwa pada bulan tersebut, kaum muslimin hendaknya berpacu untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas ibadahnya.

Ramadhan juga adalah bulan dakwah. Dakwah adalah kewajiban yang melekat pada diri setiap muslim tanpa kecuali. Sehingga setiap muslim adalah dai. Tetapi tidak setiap muslim memiliki kesempatan untuk menjalankan kewajiban tersebut karena berbagai kesibukan dan keterbatasan.

Posdai mencoba mengambil peran dalam ladang dakwah yang amat penting ini. Posdai adalah lembaga yang berkhidmat kepada para dai yang tersebar di seluruh Indonesia.

Didasari oleh kesadaran bahwa masih banyak saudara-saudara kita yang membutuhkan bimbingan dalam berislam, terutama mereka yang berada di wilayah pedalaman dan terpencil, maka Persaudaraan Dai Indonesia (POS DAI) menyediakan “Sekolah Dai”, untuk mengkader para dai selama satu tahun agar memiliki bekal dalam berdakwah ke pelosok negeri.

Saat ini jumalah santri Sekolah Dai sebanyak 29 orang yang berasal dari penjuru nusantara. Diantaranya, dari Sulawesi, Kalimantan, NTT, Papua, Nias, Mentawai, Natuna dan dari berbagai daerah lainnya.

Harapannya, dengan dukungan dan partisipasi dari pihak yang peduli terhadap program ini, dapat memberi daya dukung bagi percepatan dan kelancaran program pemberdayaan umat di seluruh pelosok nusantara.

Pada Ramadhan kali ini, tepat satu tahun lamanya para dai tersebut belajar. Untuk itu kami akan menugaskan mereka keberbagai pelosok negeri.

Para dai itu akan merambah kota-kota yang jauh, menembus daerah terpencil dan minoritas, daerah konflik, serta menghadapi para misionaris. Mereka adalah orang yang ‘memilih untuk berani, demi menerangi kehidupan ini dengan cahaya Islam.

Mereka terus bergerak melakukan perbaikan masyarakat karena menyadari bahwa masih banyak saudara-saudara mereka yang membutuhkan bimbingan dalam berislam, terutama mereka yang berada di wilayah pedalaman, terpencil, miskin sumberdaya, minoritas muslim, daerah konflik dan bencana, serta daerah yang rawan pemurtadan.

Mereka merakit wilayah-wilayah perbatasan pulau-pulau Nusantara, dalam jaringan dakwah, mengajak umat bersama-sama membangun negeri ini sekaligus menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Mereka juga hadir di sudut-sudut keramaian kota, bersama kaum miskin yang termarjinalkan, yang miskin harta, miskin keyakinan, untuk mengangkat harkat dan martabat mereka.

Dai-dai PosDai adalah para mu’allim (pengajar) al-Qur’an yang terus bekerja dan berkarya meski sepi dari liputan media. Dalam keheningan pamrih itu, mereka merajut pulau-pulau dalam NKRI ini dalam rangkaian cahaya al-Qur’an.

Dengan segala keterbatasan yang ada, kita tetap harus bangkit untuk memikirkan bagaimana risalah nabi yang suci ini tidak terputus bahkan terhenti. Karenanya para penggerak dakwah ini harus diperhatikan agar dakwah ini lebih bergairah bagi mereka yang telah mengabdikan dirinya untuk umat.

Pos Dai mengajak semua pihak untuk bersinergi dalam menjalankan tugas mulia ini, semata-mata untuk kemajuan umat.



Mitra

Sinergi adalah energi kita, terus berpadu dalam langkah nyata

  • Bersama Dai Bangun Negeri
  • Save Indonesia with Quran, ajak masyarakat hidupkan al-Quran
  • Menjadi dai perekat ukhuwah islamiyah dan ukhuwan insaniyah
  • Keswadayaan bersama mengemban amanah dakwah majukan negeri