Pos Dai Tawarkan Program Infaq Produktif Buku Ajar Al-Qur'an untuk Negeri - Persaudaraan Dai Indonesia | Bersama Dai Membangun Negeri | Posdai.or.id

Pos Dai Tawarkan Program Infaq Produktif Buku Ajar Al-Qur'an untuk Negeri

Grand MBA adalah Gerakan Dakwah Nasional Mengajar-Belajar Al-Qur’an yang bertujuan mengakrabkan masyarakat dengan Al-Qur’an. Lewat gera...



Grand MBA adalah Gerakan Dakwah Nasional Mengajar-Belajar Al-Qur’an yang bertujuan mengakrabkan masyarakat dengan Al-Qur’an. Lewat gerakan ini masyarakat diantarkan untuk dapat membaca, menerjemahkan, menghafal dan mengamalkan al-Qur’an dengan standar yang baik.

Gerakan ini diproyeksikan menjangkau seluruh propinsi di Indonesia hingga ke pelosok-pelosoknya. Dari 34 propinsi yang ada, 15 propinsi telah dijangkau gerakan ini.



Wujud dari gerakan ini adalah lahirnya MQH (Majelis Qur’an Hidayatullah) di setiap lapisan dan pelosok masyarakat. Di MQH inilah masyarakat dapat belajar kepada muallim (pengajar) tentang hal-hal yang berkaitan dengan al-Qur’an. Dari upaya ini diharapkan terbentuk komunitas-komunitas masyarakat yang bersedia untuk hidup terbimbing dan terpimpin di bawah naungan al-Qur’an.



Pola gerakan ini adalah sebagai berikut :

Membentuk pengurus atau koordinator MQH di suatu daerah. Pengurus MQH daerah tersebut kemudian menyelenggarakan Daurah Muallim, yaitu pelatihan untuk mencetak para muallim (pengajar al-Qur’an). Para peserta yang lulus dari Daurah Muallim itu kemudian ditugaskan untuk membentuk MQH-MQH yang lebih kecil di lingkungan sekitar mereka.  




INFAQ PRODUKTIF BUKU AJAR GRAND MBA

Alat utama untuk mendukung terwujudnya GraND MBA adalah buku ajar. Untuk itu  MQH Pusat Hidayatullah telah membuat paket-paket materi ajarnya sebagai berikut:

Paket Qira’ah 8 Jam
Diperuntukkan bagi mereka yang sama sekali belum mengenal huruf-huruf al-Qur’an. Lewat paket ini masyarakat akan dapat mengenal huruf-huruf al-Qur’an dengan mudah, cepat, dan menyenangkan.

Paket Bimbingan Tahsin dan Tajwid al-Qur’an 
Diperuntuklkan bagi mereka yang sudah mengenal huruf-huruf al-Qur’an, namun bacaannya belum terstandar. Standar yang dipakai adalah matan al-Jazariyah yang telah diakui secara internasional. Paket ini terdiri dari 3 jilid buku.

Paket Terampil Menerjemah al-Qur’an dan Membaca Kitab Gundul
Diperuntukkan bagi mereka yang ingin mendalami al-Qur’an dari mulai makna perkata, tata bahasa Arab, tafsir al-Qur’an dan hingga mampu membaca kitab-kitab berbahasa Arab. Ada 6 jilid  buku untuk mencapai target tersebut.

Kebutuhan buku ajar ini amat besar dan terus berkembang seiring dengan berkembangannya MQH (Majelis Qur’an Hidayatullah) di masyarakat. Dibuka peluang bagi masyarakat yang ingin beramal jariyah dengan cara menginfaqkan hartanya lewat program ini.

Dana yang ada itu akan dikelola untuk dapat terus memproduksi dan mengembangkan buku ajar, serta pembinaan para muallim guna memenuhi kebutuhan MQH-MQH yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia.



Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Mitra

Sinergi adalah energi kita, terus berpadu dalam langkah nyata

  • Bersama Dai Bangun Negeri
  • Save Indonesia with Quran, ajak masyarakat hidupkan al-Quran
  • Menjadi dai perekat ukhuwah islamiyah dan ukhuwan insaniyah
  • Keswadayaan bersama mengemban amanah dakwah majukan negeri