Kuliah Perdana, Ketum DPP HIdayatullah Resmikan Sekolah Dai Jakarta - Persaudaraan Dai Indonesia | Bersama Dai Membangun Negeri | Posdai.or.id

Kuliah Perdana, Ketum DPP HIdayatullah Resmikan Sekolah Dai Jakarta

JAKARTA  Ketua Umum (Ketum) Dewan Pengurus Pusat Hidayatullah (DPP) KH DR Nashirul Haq menjadi narasumber kuliah perdana sekaligus mena...

JAKARTA Ketua Umum (Ketum) Dewan Pengurus Pusat Hidayatullah (DPP) KH DR Nashirul Haq menjadi narasumber kuliah perdana sekaligus menandai dimulainya program Sekolah Dai Hidayatullah di Jakarta, Senin (6/1/2020).
Dalam pidatonya, ia menyampaikan pentingnya peran dakwah dalam membangun bangsa dan memajukan umat. Menurutnya, dakwah yang paling efektif adalah keteladanan seperti Nabi juga memberikan keteladanan.
“Tugas dai adalah mencerahkan, mencerdaskan, mendidik ummat, dan memberi solusi kepada mereka. Orang yang mengajak ke jalan Allah memiliki kedudukan yang sangat mulia di sisi-Nya. Karenanya kita bersyukur ditakdirkan berada di jalan dakwah,” katanya di Aula Baitul Karim, Gedung Pusat Dakwah Hidayatullah, Jakarta, Senin.
Beliau menerangkan, dakwah adalah misi kerasulan Muhammad Shallallaahu Alaihi Wasallam. Karenanya, Hidayatullah menjadikan tarbiyah dan dakwah sebagai arus utama (mainstream) gerakan.
“Inilah yang menjadikan peran dai sangat menentukan dalam membangun Indonesia yang maju dan bermartabat,” imbuhnya.
Dai sebagai guru dan pemimpin, harus selalu terdepan dalam kebaikan dan memberi keteladanan kepada ummat. Hal inilah, tegasnya, yang menjadi kunci sukses dalam berdakwah.
“Setiap dai harus selalu melakukan muhasabah, meluruskan niat dan meningkatkan kualitas diri,” pesannya di hadapan puluhan calon dai-dai muda.
Beliau mengemukakan, dalam surah Al Muddattsir, Allah mengingatkan bahwa tujuan dakwah adalah untuk mengagungkan kebesaran Allah.
Karenanya, dai harus mensucikan dirinya lahir dan bathin, menjauhi dosa, tidak berorientasi materi dan selalu sabar dalam menghadapi berbagai tantangan.
Beliau mengatakan bahwa inti dakwah adalah mengajak orang dalam kebaikan. Seraya itu, seorang dai selalu berupaya sungguh-sungguh beramal sholeh sebagai buah keteladanan serta bangga mendeklarasikan diri bahwa kita adalah muslim. (ybh/hio)

Mitra

Sinergi adalah energi kita, terus berpadu dalam langkah nyata

  • Bersama Dai Bangun Negeri
  • Save Indonesia with Quran, ajak masyarakat hidupkan al-Quran
  • Menjadi dai perekat ukhuwah islamiyah dan ukhuwan insaniyah
  • Keswadayaan bersama mengemban amanah dakwah majukan negeri