Temukan 1 KK Suku Toghutil yang Siap Masuk Islam - Persaudaraan Dai Indonesia | Bersama Dai Membangun Negeri | Posdai.or.id

Temukan 1 KK Suku Toghutil yang Siap Masuk Islam

Dalam rangka menjalankan Program Ramadhan, Persaudaraan Dai Indonesia (Posdai) pada awal April lalu (8/4/2021) mengirim dai lulusan Sekolah ...


Dalam rangka menjalankan Program Ramadhan, Persaudaraan Dai Indonesia (Posdai) pada awal April lalu (8/4/2021) mengirim dai lulusan Sekolah Dai Ciomas Bogor untuk mendampingi sekaligus melakukan pembinaan  pada mualaf suku Toghutil di Halmahera Timur, dai tersebut adalah Ustadz Qomaruddin.

Kegiatan Qomaruddin pada Ramadhan kali ini adalah mencari warga suku Togutil yang masih hidup nomaden di pedalaman Halmahera Timur tepatnya di Kecamatan Maba Utara, Desa Dorosagu untuk dibina. Kegiatan ini adalah bagian dari program "Penugasan Dai Ramdahan ke suku-suku pedalaman."

Alhmadulillah dengan ucapan rasa syukur kepada Allah, dalam waktu dua hari di hutan, Qomaruddin berhasil mendapatkan warga suku Toghutil sebanyak satu KK. Meskipun hanya satu KK, Qomar sangat bersukur atas keberhasilannya itu.

Menurut Qomar, satu KK yang ditemukannya berjumlah sembilan orang, yang terdiri dari dua orang tua dan tujuh orang anaknya. Dari satu KK ini, Qomaruddin hanya berhasil membawa empat orang anaknya saja, dengan alasan orang tua mereka menunggu hasil yang baik dari empat anaknya tersebut.

“Dari satu KK ini, yang bisa ikut keluar hutan bersama kami hanya empat orang anaknya, walupun demikian, bukan berarti yang lainnya tidak mau, tapi mereka ingin melihat perkembangan empat orang anaknya . Jika terbukti berhasil, mereka akan segera bergabung”. Ujarnya.

Qomaruddin mengatakan, saat ini empat orang suku Toghutil tersebut dibawa ke perkampungan tepatnya di desa Dorosagu untuk dilakukan proses syahadat dan pembinaan lanjutan.

Masyarakat desa Dorosagu menyambut  keempat warga suku Toghutil yang ditemukan oleh Qomaruddin dengan riang gembira. Sebagai wujud kegembiraan dan kepedulian warga, Qomarudin diberi amanah sebidang tanah untuk dijadikan sebagai pusat pembinaan muallaf suku Toghutil di desa Dorosagu.

“Alhamdulillh, saya sangat bersyukur sekali karena warga desa meyambut program dakwah kami ini dengan antusias, sehingga muallaf suku Toghutil bisa bermasyarakat dan lebih maju kedepannya."

Qomar berharap kepada semua halayak khususnya ummat muslimin untuk ikut serta mendukung program dakwah yang sangat mulia ini.



Mitra

Sinergi adalah energi kita, terus berpadu dalam langkah nyata

  • Bersama Dai Bangun Negeri
  • Save Indonesia with Quran, ajak masyarakat hidupkan al-Quran
  • Menjadi dai perekat ukhuwah islamiyah dan ukhuwan insaniyah
  • Keswadayaan bersama mengemban amanah dakwah majukan negeri