Qurban Kuatkan Dakwah di Pelosok Negeri - Persaudaraan Dai Indonesia | Bersama Dai Membangun Negeri | Posdai.or.id

09 Juni 2021

Qurban Kuatkan Dakwah di Pelosok Negeri

KINI kita sudah berada di gerbang Dzulhijjah di mana menjadi waktu istimewa bagi kaum muslimin untuk menunaikan sunnah mulia yaitu Qurban pa...



KINI kita sudah berada di gerbang Dzulhijjah di mana menjadi waktu istimewa bagi kaum muslimin untuk menunaikan sunnah mulia yaitu Qurban pada Idul Adha 1442 ini. Di tengah kesyahduan momen tersebut, umat Islam se dunia rupanya mendapat ujian dengan belum dipastikannya penyelenggaraan ibadah haji tahun ini, setidaknya hingga majalah ini naik cetak.

Namun, bukan berarti dengan begitu kebaikan dan peluang mendulang pahala menjadi pupus. Justru inilah kesempatan untuk menguatkan ikhtiar memupuk kebaikan agar terus berkesinambungan. 

Demikian pula daya upaya Posdai untuk terus menjadi bagian dari kebaikan tersebut, dengan menghadirkan program "Qurban Kuatkan Dakwah". 

Di tengah pandemi yang berkepanjangan dan dampaknya yang luar biasa pada semua sektor kehidupan, tak terkecuali pada penyelenggaraan ibadah yang menjadi rukun Islam, umat Islam pun dituntut terus membentangkan rangkulan kebermanfaatan untuk saling menguatkan. 


Ketua Posdai Pusat Ust. Samani Harjo mengatakan, dakwah di daerah pedalaman, terpencil, terluar, terdepan di tapal batas dan kawasan rentan dan minoritas, terus menjadi perhatian Posdai. Karena itu, kata dia, dengan program Qurban Kuatkan Dakwah, dai yang mengabdi di kawasan-kawasan mendapatkan perhatian yang cukup. 

"Program ini menjadi perantara para dai dalam menyampaikan ajaran islam dan perant
ara melakukan pembinaan di berbagai pelosok negeri. Dengan Qurban ini insyaallah memudahkan para dai untuk dapat diterima dakwahnya terutama di kawasan binaan muallaf pedalaman," kata Ust. Samani. 

Ust. Samani menyebutkan, program Qurban Posdai tahun lalu menjangkau sebaran ke berbagai titik di nusantara seperti Sekolah Dai Ciomas, Suku Ta Wana Sulawesi Tengah, Lombok Timur, NTB, Papua, Pulang Pisang Kalimantan Tengah, Medan Sumatera Utara

Adapun rencana sebaran program Qurban Kuatkan Dakwah Posdai tahun ini akan menyasar sejumlah kawasan binaan di antaranya Suku Akit, Kepulauan Riau, Mentawai, Sumatera Barat, Suku Wanna, Sulawesi Tengah, Long Telenjo, Long Tungu, Kalimantan Utara, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Gunung Kidul, Yogyakarta, Kopeng Salatiga, Jawa Tengah. 

Lalu di Suku Baduy, Lebak Banten, Suku Togutil, Halmahera, Maluku Utara, Pulau Kera, Kupang, Nusa Tenggara Timur, Jayapura, Keerom, Boven Digoel, Papua, Sorong, Misool Raja Ampat dan Manokwari Papua Barat.

Kami mengajak kepada “Sahabat Dai” sekalian untuk turut mendukung program mulia ini. Sambil berqurban, Anda telah turut berdakwah menyebarkan islam ke berbagai pelosok negeri. “Bersama Dai Membangun Negeri”

Mitra

Sinergi adalah energi kita, terus berpadu dalam langkah nyata

  • Bersama Dai Bangun Negeri
  • Save Indonesia with Quran, ajak masyarakat hidupkan al-Quran
  • Menjadi dai perekat ukhuwah islamiyah dan ukhuwan insaniyah
  • Keswadayaan bersama mengemban amanah dakwah majukan negeri