Distribusi Qurban Kuatkan Dakwah Posdai Tembus Pedalaman Muallaf - Persaudaraan Dai Indonesia | Bersama Dai Membangun Negeri | Posdai.or.id

20 Juli 2021

Distribusi Qurban Kuatkan Dakwah Posdai Tembus Pedalaman Muallaf

MALUKU - Dakwah pembinaan terus dilakukan. Dai mengabdi di pojok pojok sunyi, membersamai masyarakat yang masih membutuhkan pendampingan dal...



MALUKU - Dakwah pembinaan terus dilakukan. Dai mengabdi di pojok pojok sunyi, membersamai masyarakat yang masih membutuhkan pendampingan dalam bina aqidah, utamanya bagi muallaf pedalaman. Demikian halnya pada momentum Idul Adha 1442 Hijriyah, sumber daya yang ada pun dikerahkan untuk menguatkan dakwah melalui program Qurban Kuatkan Dakwah Pedalaman. 

Dalam rangka mendukung agenda dakwah yang tak boleh terhenti, Posdai Pusat pun menyalurkan hewan qurban ke beberpa daerah.

Hewan qurban tersebut juga disalurkan kepada para muallaf yang telah bersyahadat berkat dakwah para dai, seperti di Suku Togutil.

Suku Togutil sendiri atau dikenal juga sebagai Suku Tobelo Dalam adalah kelompok etnis yang hidup di hutan-hutan secara nomaden di sekitar hutan Totodoku, Tukur-Tukur, Lolobata, Kobekulo dan Buli yang termasuk dalam Taman Nasional Aketajawe-Lolobata, Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara.

Alhamdulillah, pada momentum Idul Qurban 1442  ini, tepatnya ada 20 Juli 2021 bertepatan dengan 10 Dzulhijjah, Posdai Pusat melaksanakan pemotongan dan pembagian hewan qurban di Desa Tutukur, Maba Utara.

Salah satu Dai Mengabdi PosDai Ustadz Ahmad Qomaruddin, mengatakan, pelaksanaan qurban ini disambut gembira oleh para muallaf suku Togutil yang sudah mulai menetap di desa tersebut.

"Alhamdulillah, masyarakat menyambut baik sekali program qurban ini. Semoga di masa mendatang bisa terus dilakukan secara berkesinambungan," kata Ustadz Ahmad Qomaruddin seraya menyebutkan sekitar 25 KK muallaf menerima manfaat qurban pada tahun ini.

Selaku dai yang istiqamah melakukan pendampingan secara rutin ke daerah-daerah binaan muallaf, Qomaruddin menyampaikan banyak terimakasih kepada donatur yang telah berkurban melalui PosDai.

"Alhamdulilah, berkat qurban ini kami pun dimudahkan dalam melancarkan kegiatan dakwah di pelosok, khusunya di Maluku Utara," tukas Qomaruddin memungkasi. 


Selain itu, Posdai juga medistribusikan hewan quran di berbagai titik rentan lainnya seperti di Mahakam Hulu dimana daerah ini merupakan kawasan yang minoritas muslim. 

Dengan bersinergi dengan berbagai pihak lainnya, hewan qurban Posdai pun berhasil didistribusikan dengan melalui medan yang tidak mudah dengan menyeberangi sungai dengan rentang waktu perjalanan yang cukup panjang. 

"Semoga Allah SWT merima segala amal ibadah kita pada momentum Qurban tahun ini, sebagai bagian dari mujahadah kita menghidupkan dakwah hingga ke pelosok," kata Ketua Posdai Pusat Ust Samani Harjo. 

Samani menambahkan, Posdai kini juga melalukan kolaborasi dengan berbagai individu, komunitas, organisasi, yayasan, institusi dan korporasi untuk menjadi jembatan kebaikan dalam rangka meneguhkan dakwah di bumi pertiwi. (ybh/hio)

Mitra

Sinergi adalah energi kita, terus berpadu dalam langkah nyata

  • Bersama Dai Bangun Negeri
  • Save Indonesia with Quran, ajak masyarakat hidupkan al-Quran
  • Menjadi dai perekat ukhuwah islamiyah dan ukhuwan insaniyah
  • Keswadayaan bersama mengemban amanah dakwah majukan negeri