Lalui medan Sulit, Dai Mengabdi Berangkat Lebih Dini ke Pegunungan Arfak - Persaudaraan Dai Indonesia | Bersama Dai Membangun Negeri | Posdai.or.id

19 Juli 2021

Lalui medan Sulit, Dai Mengabdi Berangkat Lebih Dini ke Pegunungan Arfak

ARFAK -- Karena harus menempuh perjalanan yang memakan waktu cukup lama dan dengan medan yang tidak mudah dilalui, Dewan Pengurus Wilayah Hi...


ARFAK -- Karena harus menempuh perjalanan yang memakan waktu cukup lama dan dengan medan yang tidak mudah dilalui, Dewan Pengurus Wilayah Hidayatullah Papua Barat melalui Persaudaraan Dai Indonesia (Posdai) melakukan pelepasan dai khutbah Idul Adha 1442 H ke Kabupaten Pegunungan Arfak Papua Barat lebih awal. 

Pengiriman dai ini dilakukan sehari sebelum memasuki Hari Raya Idul Adha 1442 H atau Idul Adha 2021 pada 10 Dzulhijjah 1442 H yang jatuh pada Selasa tanggal 20 Juli 2021.

Pelepasan dai yang dilakukan oleh Ketua DPW Hidayatullah Papua Barat Ust Hasdar Ambal. Adapun dai yang bertugas adalah Ust Burhanuddin Ibnu yang turut dibersamai rekan lainnya selama perjalanan darat tersebut. 

Dalam keterangannya, Ust Hasdar Ambal mengatakan beberapa kawasan binaan masyarakat muslim di pedalaman Kabupaten Pegunungan Arfak Papua Barat termasuk titik dakwah yang tidak ringan terutama karena medan jalan dan jarak tempuhnya yang cukup menantang. 

"Pembinaan rutin kita lakukan dengan mengutus dai terjun langsung kepada masyarakat," kata Ust Hasdar.  

Diketahui, Kabupaten Pegunungan Arfak merupakan daerah pemekaran dari Kabupaten Manokwari di Provinsi Papua Barat. Pegunungan Arfak adalah gugusan gunung yang membentang di bagian kepala burung Pulau Papua. 

Ust Burhanuddin Ibnu dan dai dai yang bergiliran diutus ke Arfak memang harus berhitung dengan cermat untuk menuju ke kawasan ini. Khususnya memastikan keandalan armada yang digunakan harus betul betul tangguh dan tak sedang bermasalah. 

"Armada mobil dipastikan betul harus dalam kondisi prima. Soalnya perjalanan yang ditempuh cukup lama dan selama dalam perjalanan tidak ada bengkel yang bisa disinggahi apalagi kalau malam hari," imbuh Hasdar. 

Diketahui, Dari Manokwari untuk menuju ke Kabupaten yang memiliki ketinggian 2.950 meter di atas permukaan laut (dpl) ini harus ditempuh oleh kendaraan double gardan atau four wheel drive (4WD).

"Pengiriman dai ke Kabupaten Arfak rutin kami lakukan bukan hanya untuk mengisi hari-hari besar," imbuhhnya seraya menambahkan Kabupaten Arfak adalah daerah minorotas muslim sehingga menjadi tanggungjawab Hidayatullah sebagai ormas yang bergerak di bidang dakwah untuk meluaskan Islam rahamatan lil 'alamin di kawasan. (ybh/hio)

Mitra

Sinergi adalah energi kita, terus berpadu dalam langkah nyata

  • Bersama Dai Bangun Negeri
  • Save Indonesia with Quran, ajak masyarakat hidupkan al-Quran
  • Menjadi dai perekat ukhuwah islamiyah dan ukhuwan insaniyah
  • Keswadayaan bersama mengemban amanah dakwah majukan negeri