Posdai Hantar Quran dan Paket Ramadhan untuk Warga Kampung Nelayan Belawan - Persaudaraan Dai Indonesia | Bersama Dai Membangun Negeri | Posdai.or.id

Sabtu, 23 April 2022

Posdai Hantar Quran dan Paket Ramadhan untuk Warga Kampung Nelayan Belawan

DELI SERDANG - Peran dai amatlah kompleks. Tidak saja dituntut mampu menjelaskan perihal Islam kepada masyarakat yang dibinanya, dia juga ac...


DELI SERDANG - Peran dai amatlah kompleks. Tidak saja dituntut mampu menjelaskan perihal Islam kepada masyarakat yang dibinanya, dia juga acapkali harus terjun ke lapangan menemui umat secara langsung. Mendengarkan dan berupaya menjadi solusi atas problem yang dihadapi umat. 

Hal itulah diantaranya yang dilakukan oleh tim Safari Dakwah Posdai Sumatera Utara yang dilakukan secara insidentil selama bulan Ramadhan ini. 

Kali ini tim safari menjumpai masyarakat muslim di wilayah Kampung Nelayan Seberang, Kelurahan Belawan, Kecamatan Medan Belawan, Sumatera Utara, seraya berbuka puasa bersama masyarakat, Sabtu (23/4/2022). 


Kedatangan rombongan sekaligus menghantarkan paket Al Quran cetaka baru dan bingkisan Ramadhan berupa makanan dan minuman untuk sedikitnya 70 warga yang mencakup anak anak hingga orangtua. 

Sebelum berbuka puasa bersama, kegiatan dimulai dengan tausyiah sebagai bentuk pembinaan masyarakat. 

Ketua Posdai Sumut, Ust. Syukron Khairi, S.Pd, dalam keterangannya mengatakan InsyaAllah setelah Ramadhan pembinaan masyarakat Kampung Nelayan Seberang, Kelurahan Belawan akan dilanjutkan secara rutin yang juga menjadi harapan masyarakat agar ada dai atau guru ngaji yang membina di kampung mereka.

"Apalagi hingga saat ini belum ada pengajian rutin dan tempat mengaji anak anak. Oleh sebab itu kami juga akan mendirikan Rumah Quran seperti harapan masyarakat," kata Ust Syukron. 


Kampung Nelayan Seberang, Kelurahan Belawan, merupakan kawasan pesisir yang cukup terisolir. Butuh waktu dan tenaga yang cukup untuk sampai ke perkampungan nelayan ini. 

Perjalanan diawali dengan mengendarai mobil selama 1 jam lewat tol kemudian menaiki perahu kecil selama 20 menit ke Wilayah Kampung Nelayan.

Tim Safari Dakwah Ramadhan Posdai Sumut yang berangkat dari Tanjung Morawa, Deli Serdang, menempuh sekitar 45 km perjalanan untuk ke lokasi ini dengan berselingan menggunakan armada darat, laut dan berjalan kaki. 


Ketika tiba di lokasi, rombongan disambut hangat masyarakat yang sudah meriung di Masjid Baitur Rahman di kampung nelayan sore itu. 

Kampung Nelayan Seberang Kelurahan Belawan berada di atas pulai pesisir Belawan yang kontur tanahnya berupa rawa sehingga semua rumah masyarakat berbentuk panggung, bahkah harus menimbun tanah dulu untuk pemakaman mereka.

Salah seorang warga Kampung Nelayan, Rahmansyah, mengaku amat senang dengan mulai digalakkan lagi pengajian Al Quran terutama untuk membekali anak anak kampung dengan pemahaman agama yang luhur. 

"Dulu sering pengajian tapi sudah lama tidak ada pengajian, warga kekurangan siraman ruhani," kata Rahmansyah. 


Mewakili warga lainnya, Rahmansyah menyampaikan harapannya agar kelak Posdai data hadir memberikan pembinaan agama dan pendidikan Al Qur'an di kampung pesisir laut ini. 

Rahmansyah mengaku khawatir dengan kondisi generasi muda saat ini yang menurutnya juga dirasakan oleh warga Kampung Nelayan. Oleh sebab itu, dia berharap, dengan aktifnya kegiatan pembinaan agama, anak anak mereka juga semakin dekat dengan agama. 

"Tidak sedikit anak anak masyarakat kami yang nakal dan pecandu narkoba, mungkin karena warga kami tidak dekat dengan Quran," katanya. */Isa Abdul Bari

Mitra

Sinergi adalah energi kita, terus berpadu dalam langkah nyata

  • Bersama Dai Bangun Negeri
  • Save Indonesia with Quran, ajak masyarakat hidupkan al-Quran
  • Menjadi dai perekat ukhuwah islamiyah dan ukhuwan insaniyah
  • Keswadayaan bersama mengemban amanah dakwah majukan negeri