Ta'aruf dan Silatnas Ramadhan Virtual Posdai Kencangkan Program - Persaudaraan Dai Indonesia | Bersama Dai Membangun Negeri | Posdai.or.id

Kamis, 28 April 2022

Ta'aruf dan Silatnas Ramadhan Virtual Posdai Kencangkan Program

JAKARTA - Persaudaraan Dai Indonesia menggelar event virtual betajuk "Ta'aruf dan Silaturrahim Nasional" yang digelar intensi...


JAKARTA - Persaudaraan Dai Indonesia menggelar event virtual betajuk "Ta'aruf dan Silaturrahim Nasional" yang digelar intensif sejak pagi hingga menjelang siang yang dihadiri oleh segenap jaringan pengurus Posdai se-Indonesia, Kamis (28/4/2022). 

Acara "Ta'aruf dan Silaturrahim Nasional" Posdai ini memanfaatkan momentum 10 hari terakhir Ramadhan untuk menyerap dan menyadap energi Lailatul Qadr. 

Acara yang dipandu oleh Sekretaris Posdai Pusat, Ust Zainal Amiruddin, ini dibuka dengan lafaz Basmalah dengan pembacaan ayat suci Al Qur'an yang dilantunkan dengan khusyu' oleh salah satu mahasantri Sekolah Dai Bogor, Ahmad Putra. 

Sesi selanjutnya pemaparan, pengenalan, serta sosialisasi program nasional Posdai yang disampaikan langsung oleh Direktur Posdai Pusat, Ust Samani Harjo. 

Dalam kesempatan tersebut, Ust Samani juga sekaligus menyapa para pengurus Posdai daerah yang hadir dimana diantara mereka merupakan pengurus baru. 

Selain itu, Ust Samani mengapresiasi Posdai daerah yang tanpa lelah getol bergerak dan melahirkan terobosan dakwah yang cukup menggembirakan. Seperti yang ditunjukan Posdai DIY, Posdai Riau, dan daerah lainnya. 

"Program teman teman Posdai di daerah sudah baik dan cukup banyak. Meskipun terkadang harus melakukan penyesuaian yang tidak hanya fokus berdakwah tapi juga membangun sekolah yang sebenarnya menjadi domain bidang pendidikan, seperti dilakukan Posdai di Pulau Rupat," katanya. 

Ust Samani menjelaskan, acapkali karena kondisi lahan dakwah di daerah pedalaman yang butuh sarana pendidikan, maka dai pun harus menghimpun sumber daya untuk membangun sekolah. 

Ust Samani memahami kondisi tersebut, sebab, jelasnya, kondisi daerah tempat tugas setiap dai yang mengabdi memang berbeda beda dimana kebutuhannya memiliki keragaman. Ada daerah yang sejak awal memang butuh sekolah untuk dapat menimba ilmu agama.


"Posdai tidak bisa mengabaikan itu, atau meninggalkan itu, sampai kemudian nanti Departemen Pendidikan bisa melanjutkan," katanya. 

Oleh sebab itu, Ust Samani menekankan pentingnya sinergi baik dengan lembaga internal maupun institusi eksternal agar semuanya dapat berjalan dengan baik. 

Sepenarian dengan itu, Ust Samani pada kesempatan tersebut juga menekankan pentingnya menguatkan program mainstream Posdai yang telah ditelurkan dan disepakati di forum nasional baik pada momen Rakernas maupun Rakornas.

Ust Samani menyebutkan, Posdai memiliki setidaknya 4 program nasional, yaitu: Grand MBA, Sekolah Dai, Sahabat Dakwah, dan Desa Mengaji. 

Selain menguraikan setiap poin program tersebut, Ust Samani menekankan pentingnya kesinambungan koordinasi antar Posdai daerah dengan Pusat agar tercipta hilirisasi program yang terintegrasi, terstruktur, sistematis, massif, dan mondial.

Dalam acara ini juga dilakukan diskusi, tukar informasi, dan dialog interaktif dalam rangka meretas berbagai realita dan dinamika Posdai di daerah. Utamanya dalam memantapkan dan menderivasi program dakwah yang telah dicanangkan.

Zainal Amiruddin saat menutup kegiatan ini menyampaikan bahwa forum virtual tersebut akan dikuatkan kembali melalui pertemuan sekemuka para pengurus yang diagendakan setelah Idul Fitri atau selambat lambatnya pada bulan Juni mendatang. (ybh/hio)

Mitra

Sinergi adalah energi kita, terus berpadu dalam langkah nyata

  • Bersama Dai Bangun Negeri
  • Save Indonesia with Quran, ajak masyarakat hidupkan al-Quran
  • Menjadi dai perekat ukhuwah islamiyah dan ukhuwan insaniyah
  • Keswadayaan bersama mengemban amanah dakwah majukan negeri