KH Nashirul Haq Bekali Mahasantri Sekolah Dai Posdai Ciomas - Persaudaraan Dai Indonesia | Bersama Dai Membangun Negeri | Posdai.or.id

Sabtu, 18 Februari 2023

KH Nashirul Haq Bekali Mahasantri Sekolah Dai Posdai Ciomas

BOGOR -  Ditengah kesibukannya sebagai aktifis dakwah dan sekaligus Ketua Umum DPP Hidayatullah, KH. Dr. Nashirul Haq, MA, menyempatkan wak...


BOGOR - 
Ditengah kesibukannya sebagai aktifis dakwah dan sekaligus Ketua Umum DPP Hidayatullah, KH. Dr. Nashirul Haq, MA, menyempatkan waktu menyapa mahasantri Sekolah Dai di desa Sukaharja, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat, 17 Februari 2023.

Kehadiran Ketua Umum DPP Hidayatullah tersebut sekaligus menjadi narasumber dalam kegiatan Kuliah Umum Sekolah Dai bertajuk "Pentingnya Berdakwah dengan Ilmu yang Kokoh". 

Dalam sajian materinya yang disampaikan dengan sesekali berdiri dan menggunakan alat peraga papan tulis, KH. Dr. Nashirul Haq menyampaikan kedudukan dakwah dan urgensinya. 

Segandengan dengan itu, KH. Dr. Nashirul Haq juga menjelaskan peranan penting Hidayatullah di tengah masyarakat sebagai lembaga dakwah dan tarbiyah umat. 

"Mainstream Hidayatullah ialah tarbiyah dan dakwah, oleh sebab itu arus utama hendaknya selalu mewarnai segala aktifitas kita," katanya. 

Beliau juga menjelaskan dengan mendalam tafsir dan tadabbur dari Al Quran surat Yusuf ayat 108. Dia menekankan bahwa ayat ini merupakan penegasan dari Allah kepada umatnya agar menghidupkan dakwah dan membahagiakan manusia dengan pesan pesan kebenaran yang datangnya dari Allah. 

KH. Dr. Nashirul Haq mengimbuhkan, seorang dai harus dekat dengan Al Quran dan mendakwahkannya. "Sebarkan Al Quran ini kepada seluruh manusia dengan segala muatan hikmahnya yang penuh pengajaran," katanya. 

"Diantara hikmah Al Quran diturunkan berangsur angsur yaitu agar agar mudah diterima, mudah dipahami, dan dapat diamalkan," katanya. 

Beliau juga menekankan pentingnya seorang dai membawa pesan persatuan dan menghindarkan umat dari segala potensi perpecahan, serta dai tak boleh terjebak memperdebatkan hal ikhtilaf ditengah umat. 

Pada kesempatan tersebut, KH. Dr. Nashirul Haq pula menjelaskan secara global intisari dari Sistematika Wahyu dalam 5 surat yang pertama turun sebagai landasan dalam perjuangan Islam, seraya ia menyajikan cerita pengalaman berdakwah yang inspiratif. 

"Kita harapkan dari lulusan Sekolah Dai ini lahir sumber daya dai yang bagaikan rahib di waktu malam dan laksana tentara di waktu siang. Semangatnya menyala nyala, gerakannya berkobar kobar, di waktu yang sama ibadahnya sangat dalam penuh khusyuk yang melahirkan energi luar biasa," tandasnya.

Kepala Sekolah Dai Ciomas, Ust. Saefuddin Ahmad, Lc, mengatakan kuliah tamu ini merupakan program rutin pekanan. Tujuan dari kegiatan ini untuk menambah wawasan ilmiah seputar metodologi dakwah langsung dari pakarnya serta mendapatkan spirit kaderisasi. 

"Diharapkan dari kegiatan ini semakin menambah wawasan ilmiah seputar metodologi dakwah Hidayatullah serta mendapatkan spirit kaderisasi dari beliau," kata Saefuddin.

Kegiatan ini diikuti para mahasantri Sekolah Dai angkatan ke 8 dan dari SMK Ciherang yang jumlahnya 40 orang.

Salah seorang mahasantri, Abdullah, mengaku senang dapat mengikuti kuliah umum ini. "Alhamdulillah sangat antusias dalam belajar dan tercerahkan dengan khazanah ilmu yg disampaikan oleh beliau," katanya.*/Yacong B. Halike

Mitra

Sinergi adalah energi kita, terus berpadu dalam langkah nyata

  • Bersama Dai Bangun Negeri
  • Save Indonesia with Quran, ajak masyarakat hidupkan al-Quran
  • Menjadi dai perekat ukhuwah islamiyah dan ukhuwan insaniyah
  • Keswadayaan bersama mengemban amanah dakwah majukan negeri