Posdai Serahkan Simbolis Motor Dakwah untuk SAR Hidayatullah - Persaudaraan Dai Indonesia | Bersama Dai Membangun Negeri | Posdai.or.id

Rabu, 22 Februari 2023

Posdai Serahkan Simbolis Motor Dakwah untuk SAR Hidayatullah

JAKARTA - Ketersediaan akan alat transportasi masih menjadi bagian yang selama ini amat dibutuhkan para dai, inilah yang kemudian mendorong ...


JAKARTA - Ketersediaan akan alat transportasi masih menjadi bagian yang selama ini amat dibutuhkan para dai, inilah yang kemudian mendorong Persaudaraan Dai Indonesia (Posdai) untuk terus menguatkan kiprah dai di kawasan rentan tersebut. Salah satu upaya tersebut adalah penyerahan armada dakwah untuk dai SAR Hidayatullah.

Penyerahan armada dakwah ini diserahkan secara simbolis kepada SAR Hidayatullah yang diwakili oleh Komandan Pusat Irwan Harun didampingi Kadiv Diklat Alfarobi Nurkarim, bertepatan dengan helatan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) badan pencarian dan penyelematan bencana itu di Aula Orny Loebis, Gedung Pusat Dakwah Hidayatullah Jakarta, Rabu, 2 Sya’ban 1444 (22/2/2023).

Program Manager Posdai Pusat, Ust. Abdul Muin Assangkabira, mengatakan tidak sedikit sumber daya relawan SAR Hidayatullah yang melakukan operasi SAR di kawasan bencana yang kemudian mereka menetap di sana. 

"Sebagian diantaranya ada yang menetap lama untuk melakukan pembinaan keagamaan seperti menjadi guru ngaji bagi warga terdampak bencana," kata Abdul Muin.

Oleh sebab itu, untuk mendukung mobilitas dai relawan kebencanaan ini, diperlukan armada dakwah yang memadai agar dai bisa tetap bolak balik secara rutin dari rumah dan ke daerah binaan satu ke binaan dakwah lainnya.

"Semoga dai SAR Hidayatullah semakin jaya, mengabdi untuk umat di daerah bencana. Tanpa tapi, tanpa nanti," pungkas Muin. 

Sekadar diketahui, Badan pencarian dan penyelematan pada bencana Search and Rescue (SAR) Hidayatullah menggelar Rapat Pimpinan Nasional dibuka pada Rabu, 2 Sya’ban 1444 (22/2/2023) oleh Direktur Bina Potensi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) RI Drs. Mochamad Hernanto. 

Rapimnas yang digelar selama 3 hari mengangkat tema “Cepat Tanggap Selamatkan Jiwa” ini membahas beragam program dan isu kebencanaan, termasuk di dalamnya agenda penguatan dakwah di daerah bencana dan diklat relawan yang akan digelar tahun ini.*/Yacong B. Halike

Mitra

Sinergi adalah energi kita, terus berpadu dalam langkah nyata

  • Bersama Dai Bangun Negeri
  • Save Indonesia with Quran, ajak masyarakat hidupkan al-Quran
  • Menjadi dai perekat ukhuwah islamiyah dan ukhuwan insaniyah
  • Keswadayaan bersama mengemban amanah dakwah majukan negeri