Rapat Kerja Posdai Pusat Tahun 2024 Teguhkan Peran Membangun Negeri - Persaudaraan Dai Indonesia | Bersama Dai Membangun Negeri | Posdai.or.id

Senin, 15 Januari 2024

Rapat Kerja Posdai Pusat Tahun 2024 Teguhkan Peran Membangun Negeri

JAKARTA - Gedung Pusat Dakwah Hidayatullah, Jakarta, menjadi saksi dari acara Rapat Kerja (Raker) Posdai Pusat yang digelar pada Senin (15/...


JAKARTA -
Gedung Pusat Dakwah Hidayatullah, Jakarta, menjadi saksi dari acara Rapat Kerja (Raker) Posdai Pusat yang digelar pada Senin (15/1/2024). Acara ini mengangkat tema "Bersama Dai Membangun Negeri" dan dihadiri oleh Pembina, Pengawas, dan Pengurus Posdai Pusat.

Ketua Posdai Pusat, Ust. Abdul Muin, dalam keterangannya menjelaskan bahwa Raker ini diadakan tidak hanya untuk melakukan koordinasi dan pengambilan keputusan bersama, tetapi juga sebagai platform untuk perencanaan strategis tahun mendatang. 

"Raker Posdai ini untuk mengevaluasi kinerja, bertukar informasi terbaru, melakukan brainstorming, dan membahas upaya penguatan untuk meningkatkan transparansi dan tata kelola lembaga," ujar Abdul Muin.

Evaluasi kinerja menjadi fokus utama dalam rapat tersebut, dengan harapan agar Posdai semakin efektif dalam mendukung pengembangan kapasitas dan kuantitas dai. 

Abdul Muin berbagi pemikirannya tentang pentingnya peningkatan transparansi dan tata kelola lembaga sebagai langkah untuk memperkuat peran Posdai sebagai lembaga swadaya.

Dalam konteks ini, perbincangan Raker tidak hanya terbatas pada wilayah administratif atau keorganisasian, namun juga memperhatikan kebutuhan dai yang siap bertugas di daerah-daerah terpelosok, terpencil, tertinggal, dan minoritas. 


Bersama Dai Membangun Negeri

Lebih lanjut Abdul Muin menekankan bahwa pembangunan negeri tidak hanya bisa dilakukan oleh pemerintah, tetapi juga membutuhkan peran aktif dari dai sebagai agen perubahan di masyarakat. 

Karenanya, pada Raker tahun ini Posdai kembali ingin meneguhkan kiprahnya dengan mengusung tema "Bersama Dai Membangun Negeri" yang juga tagline Posdai.

Abdul Muin menjelaskan, tema tersebut sengaja dipilih untuk menunjukkan bahwa Posdai memiliki komitmen jangka panjang terhadap misi dan visinya dalam membangun negeri. 

Dengan kembali mengangkat tagline tersebut sebagai tema Raker, Posdai ingin menegaskan bahwa upaya bersama dai dalam membangun negeri bukanlah sekadar slogan, tetapi suatu komitmen yang terus-menerus.

Tema ini juga dinilai masih relevan dengan tantangan dan perubahan terkini dalam masyarakat. Sebagai contoh, kata Muin, perubahan dinamika sosial, gaya hidup, ekonomi, dan budaya dapat memerlukan pendekatan baru dari dai dalam membangun dan memperkuat masyarakat.

Disamping itu, tema ini juga ingin menekankan peran penting dai sebagai agen perubahan dalam masyarakat. Dengan fokus pada pembangunan negeri, diharapkan ini akan semakin memotivasi dai untuk terlibat lebih aktif dalam memberikan kontribusi positif bagi perkembangan sosial, budaya, dan pendidikan di berbagai daerah.

Lebih dari itu, dengan menekankan pada "bersama," tema ini mencerminkan pentingnya sinergi dan kolaborasi antar-dai serta dengan pihak-pihak lain, termasuk masyarakat, pemerintah, dan lembaga lainnya, untuk mencapai tujuan bersama dalam membangun negeri.

"Pemilihan tema Bersama Dai Membangun Negeri pada Raker Posdai kali ini merupakan langkah strategis untuk memastikan Posdai terus bergerak dalam arah yang diinginkan," katanya. 

Muin menambahkan, hasil dari Raker ini diharapkan memberi kontribusi signifikan dalam memperkuat kiprah Posdai sebagai lembaga yang mampu menjembatani kebutuhan masyarakat dalam perluasan dakwah dan pembinaan keagamaan di berbagai pelosok negeri. (ybh/hio)

Mitra

Sinergi adalah energi kita, terus berpadu dalam langkah nyata

  • Bersama Dai Bangun Negeri
  • Save Indonesia with Quran, ajak masyarakat hidupkan al-Quran
  • Menjadi dai perekat ukhuwah islamiyah dan ukhuwan insaniyah
  • Keswadayaan bersama mengemban amanah dakwah majukan negeri