Bersama Dai Menguatkan Dakwah Membangun Negeri di Era Digital - Persaudaraan Dai Indonesia | Bersama Dai Membangun Negeri | Posdai.or.id

Kamis, 01 Februari 2024

Bersama Dai Menguatkan Dakwah Membangun Negeri di Era Digital

DAKWAH Islam selalu menjadi penting di setiap masa termasuk di era modern ini dengan beberapa alasan yang mencerminkan dinamika masyarakat ...


DAKWAH
Islam selalu menjadi penting di setiap masa termasuk di era modern ini dengan beberapa alasan yang mencerminkan dinamika masyarakat saat ini, terutama di tengah kemajuan teknologi, keterbukaan informasi, dan perubahan sosial.

Sudah kita mafhumi bersama bahwa dalam era globalisasi, arus informasi dan budaya bergerak dengan cepat. Disinilah dakwah Islam dapat menjadi sarana untuk memperkenalkan nilai-nilai Islam dan mempromosikan pemahaman yang benar tentang agama ini di tengah kompleksitas interaksi global.

Di sisi lain, dengan munculnya banyak informasi yang dapat diakses melalui internet, dakwah membantu memastikan bahwa umat memiliki pemahaman yang benar tentang ajaran agama mereka. Dengan bekal tersebut, hal ini diharapkan dapat melawan stereotip dan pemahaman yang keliru tentang Islam.

Demikian pula kemajuan teknologi sering kali membawa tantangan moral dan etika baru. Oleh sebab itu, dakwah Islam dapat memberikan panduan tentang cara menghadapi dilema etika modern dan memberikan arahan sesuai dengan nilai-nilai Islam.

Dalam suasana yang sedemikian masif itu, kita juga berhadapan dengan kenyataan dimana keterbukaan informasi memungkinkan terjadinya dialog antaragama dan antarbudaya. 

Saling interkonseksi itu tentu saja menjadi tantangan sekaligus memposisikan pentingnya peran dakwah yang dapat menjadi sarana untuk membangun pemahaman yang lebih baik antara umat beragama dan mempromosikan perdamaian serta toleransi.

Dalam pada itu, dengan menghadirkan pola pendekatan yang relevan dengan perubahan zaman, dakwah Islam masa kini membantu membangun komunitas Islam yang kuat dan solid, yang dapat berperan aktif dalam memajukan kesejahteraan umat dan membela hak-hak mereka. 

Penguatan gerakan berbasis komunitas ini tentu saja menjadi amat penting karena komunitas yang kuat juga dapat berkontribusi pada kemajuan bangsa dan negara. Peran inilah yang, misalnya, telah dilakukan oleh Persaudaraan Dai Indonesia (Posdai), dengan menghadirkan platform dakwah dan pembelajaran digital serta melibatkan partisipasi masyarakat melalui kepesertaan langsung di lapangan atau dengan donasi mereka. 

Pada aspek yang lebih universal dalam tataran sosiologis yang majemuk ini, dakwah dapat memberikan pandangan Islam tentang penyelesaian masalah sosial seperti kemiskinan, ketidaksetaraan, dan ketidakadilan. Pendekatan semacam ini dapat memotivasi umat Islam untuk berperan aktif dalam mengatasi tantangan-tantangan sosial di masyarakat.

Tidak kalah penting dan ini menjadi bagian yang perlu di-underline dalam kancah kehidupan dewasa ini adalah bagaimana dakwah Islam hadir menumbuhkan dan terus merawat tradisi iman umat dengan ibadah ibadah utama yang akan melahirkan keshalehan spiritual dan keshalehan sosial sekaligus.

Di tengah kehidupan modern yang serba sibuk seperti sekarang ini, dakwah Islam haruslah mampu membangun kesadaran spiritual dan mengingatkan umat Islam tentang nilai-nilai moral dan spiritual yang mendasari kehidupan mereka.

Dengan keshalehan dua dimensi tadi, spiritual dan sosial, hal ini akan berperan dalam mendorong inklusivitas dan menghormati keberagaman dalam masyarakat. Apalagi di negara kita ini yang luar biasa keberagaman yang Allah Ta'ala anugerahkan. Penghargaan ini sesuai dengan ajaran Islam yang menekankan persaudaraan dan keadilan.

Dengan demikian, dakwah Islam di era modern bukan hanya tentang menyebarkan Islam sebagai ajaran Tauhid yang luhur, tetapi juga tentang membangun pemahaman yang mendalam, berkontribusi pada pembangunan masyarakat yang adil, dan berperan dalam menjawab tantangan-tantangan kontemporer. (ybh/hio)

Mitra

Sinergi adalah energi kita, terus berpadu dalam langkah nyata

  • Bersama Dai Bangun Negeri
  • Save Indonesia with Quran, ajak masyarakat hidupkan al-Quran
  • Menjadi dai perekat ukhuwah islamiyah dan ukhuwan insaniyah
  • Keswadayaan bersama mengemban amanah dakwah majukan negeri