Posdai Berpartisipasi dalam Rakornas Penyiaran Kuatkan Dakwah Pedalaman - Persaudaraan Dai Indonesia | Bersama Dai Membangun Negeri | Posdai.or.id

Kamis, 22 Februari 2024

Posdai Berpartisipasi dalam Rakornas Penyiaran Kuatkan Dakwah Pedalaman

JAKARTA -- Posdai, sebagai bagian dari upaya meningkatkan dakwah di seluruh pelosok negeri, turut serta dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Dakwa...


JAKARTA -- Posdai, sebagai bagian dari upaya meningkatkan dakwah di seluruh pelosok negeri, turut serta dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Dakwah Nasional yang diselenggarakan oleh Departemen Komunikasi dan Penyiaran Dewan Pengurus Pusat (DPP) Hidayatullah. Acara ini dilangsungkan secara daring pada Rabu (21/2/2024) dan terbagi menjadi tiga regional.

Selain Posdai, rakor ini dihadiri oleh berbagai pihak seperti Kadep Dakwah Dewan Pengurus Wilayah Hidayatullah, Ketua Pos Dai Wilayah, Penanggung Jawab Program Gerakan Nasional Dakwah Membaca dan Belajar Al Qur’an (Grand MBA) Wilayah, dan Pengelola Sekolah Dai Wilayah. 

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk evaluasi dan membahas progress program-program yang telah dicanangkan serta melakukan konsolidasi gerakan dakwah nasional.

Forum Rakor ini juga bertujuan untuk memperkuat program dakwah di daerah-daerah pedalaman. Langkah-langkah konkret seperti koordinasi pelaksanaan program Grand MBA nasional, pendirian dan legalisasi Pos Dai Wilayah, serta koordinasi dan pendampingan program Sekolah Dai turut menjadi fokus dalam rapat tersebut.

Rakor ini juga merupakan tindak lanjut dari Rakernas Hidayatullah yang digelar pada akhir tahun 2021 dengan tema "Konsolidasi Manhaj, Organisasi, dan Wawasan Menuju Terwujudnya Standardisasi, Sentralisasi, dan Integrasi Sistemik". Hal ini menggarisbawahi pentingnya mengembangkan sistem dan jaringan yang baik untuk mendukung gerakan dakwah secara nasional.

Dalam keterangannya, Ketua Departemen Komunikasi dan Penyiaran DPP Hidayatullah, Drs. Shohibul Anwar, M.Pd.I, menekankan bahwa keberadaan sistem yang baik akan memastikan kelancaran pelaksanaan program dakwah. Sistem ini haruslah simpel dan aplikatif agar dapat dijalankan dengan baik oleh seluruh kader dan jaringan organisasi.

Langkah selanjutnya yang telah dilakukan adalah sosialisasi dan pelatihan kepada para kader. Hal ini menjadi penting guna memastikan pemahaman yang mendalam dan keseragaman dalam menjalankan program-program dakwah yang telah ditetapkan.

Untuk memastikan pelaksanaan yang efektif, rapat koordinasi dilakukan secara daring dan terbagi menjadi tiga regional. Regional pertama mencakup wilayah Papua, Maluku, Sulawesi Utara, Gorontalo, dan Nusa Tenggara Timur. Regional kedua meliputi Sulawesi Selatan, Kalimantan, Jawa Timur, dan Yogyakarta. Sedangkan regional ketiga mencakup Jawa Barat, DKI Jakarta, Sumatra, dan Aceh.

Dengan adanya partisipasi aktif dari berbagai pihak serta upaya pemantapan program dan koordinasi yang dilakukan, diharapkan gerakan dakwah nasional dapat semakin berkembang dan memberikan dampak positif yang besar bagi masyarakat luas. (ybh/hio)

Mitra

Sinergi adalah energi kita, terus berpadu dalam langkah nyata

  • Bersama Dai Bangun Negeri
  • Save Indonesia with Quran, ajak masyarakat hidupkan al-Quran
  • Menjadi dai perekat ukhuwah islamiyah dan ukhuwan insaniyah
  • Keswadayaan bersama mengemban amanah dakwah majukan negeri