Farid Rahmatullah Hidupkan Dakwah di Pedalaman Halmahera Timur - Persaudaraan Dai Indonesia | Bersama Dai Membangun Negeri | Posdai.or.id

Minggu, 03 Maret 2024

Farid Rahmatullah Hidupkan Dakwah di Pedalaman Halmahera Timur

FARID Rahmatullah baru saja menyalakan motornya ketika hujan membasahi tanah. Meski begitu, ia tetap membelah jalanan setapak itu meski huja...


FARID
Rahmatullah baru saja menyalakan motornya ketika hujan membasahi tanah. Meski begitu, ia tetap membelah jalanan setapak itu meski hujan belum menunjukkan tanda tanda akan melandai. "Harus tetap jalan karena sudah ada janji dan jadwal mengajar ke sana," katanya. 

Ya begitulah aktifitas rutin Farid saban waktu. Dia membina masyarakat, khususnya generasi muda di Maba Utara, Halmahera Timur. Ada sedikitnya 50 orang suku pedalaman yang dia berikan pembinaan agama Islam rutin di daerah ini. 

"Rata rata masih awam dan belum tau cara membaca Al Qur'an, karena itu, fokus kita di sini adalah pengajaran dasar dasar agama seperti mengenalkan huruf hijaiyah," imbuhnya. 

Farid Rahmatullah, adalah seorang dai yang berdedikasi, memberikan kesan yang mendalam tentang penerimaan masyarakat di pedalaman Maba Utara, terutama di daerah pelosok.

Masyarakat tersebut sangat antusias dan ramah terhadap kedatangan para dai, merasa terbantu dengan kehadiran mereka untuk memahami keindahan ajaran Islam.

Salah satu momen berharga yang dirasakan adalah saat mereka menjalani suasana Ramadhan dan pada momen dimana mereka menikmati hidangan kurban di hari raya Idul Adha.

Kehangatan dan kesederhanaan dalam momen tersebut menjadi motivasi bagi Farid dan rekan-rekannya untuk semakin giat dalam berdakwah di pedalaman.

Farid Rahmatullah berharap agar masyarakat, khususnya di Blok SP 4, dapat menerima ilmu agama dengan baik. Dengan kehadiran para dai, mereka berharap dapat membawa perubahan positif dalam kehidupan beragama masyarakat pedalaman.

"Mohon doakan kami dalam dakwah ini," imbuhnya. Farid terus bergerak meski dengan segala keterbatasan yang ada. Apalagi kawasan ini relatif masih tertinggal dari sisi infastruktur dan sebagainya. Kendati demikian, Farid selalu optimis menyampaikan dakwah Islam di sini.

Dari hidup yang biasa-biasa saja, diharapkan mereka dapat menjadi luar biasa dalam pemahaman dan pengamalan agama Islam. Semoga dengan upaya berdakwah mereka, masyarakat pedalaman semakin terbuka dan menerima dengan baik. (ybh/pos)

Mitra

Sinergi adalah energi kita, terus berpadu dalam langkah nyata

  • Bersama Dai Bangun Negeri
  • Save Indonesia with Quran, ajak masyarakat hidupkan al-Quran
  • Menjadi dai perekat ukhuwah islamiyah dan ukhuwan insaniyah
  • Keswadayaan bersama mengemban amanah dakwah majukan negeri